Adsense Indonesia
. .

Join The Community

Premium WordPress Themes

Senin, 28 Maret 2011

Definisi Teknik Informatika Dari Berbagai Sumber


Teknik Informatika adalah ilmu yang mempelajari tentang perangkat (bisa sistem atau alat) yang dapat menghasilkan dan mendistribusikan “informasi”. Jadi kata kunci pertama pada definisi ini adalah kata : informasi, sehingga itulah makanya bidang ini disebut sebagai : informatika. Sedangkan kata kunci kedua adalah pada kata “menghasilkan” dan “mendistribusikan”.

Tahukah anda bahwa, kata “menghasilkan informasi” itu maksudnya di era ini ya KOMPUTER, sedangkan “mendistribusikan informasi” maksudnya : Jaringan atau TELEKOMUNIKASI. Perhatikanlah bahwa kedua perangkat ini, yaitu komputer dan telekomunkasi saat ini telah mewabah kemana pun ada celah pekerjaan yg nongol di jagad raya ini. Inilah istimewanya bidang informatika.

Lalu bagaimana dengan bidang komputer lain ?

Apa maksud pertanyaan ini ? Maksudnya begini… Ternyata belajar (dalam hal ini maksudnya kuliah) komputer tidak hanya didominasi oleh jurusan informatika. Ada sejumlah juruan lain yg disebut2 sebagai serumpun dengan informatika seperti : Sistem Informasi (dulu bernama Manajemen informatika) dan Sistem Komputer (dulu bernama Teknik Komputer). Apa bedanya dengan informatika ?

Sistem informasi [menurut saya, soalnya ada juga pengertiannya versi lain] adalah lebih mengarah ke penerapan komputer untuk dunia business dan manajemen, sedangkan sistem komputer lebih mengarah ke belajar perangkat keras (hardware) komputer. Yang kedua ini menurut saya lebih mirip2 ke jurusan elektro digital yg tanggung, sedangkan yang pertama tadi kadang-kadang ilmunya mendekati bidang ekonomi setengah hati.

Sebenarnya ada bidang (jurusan) lain yang juga mengarah ke rumpun komputer seperti : Komputer akuntansi, komputer perbankan, dsbnya. Tapi saya pikir itu versi lain aja dari jurusan Sistem Informasi yang lebih dikonsentrasikan ke penerapan lebih khusus.

Adapun pendapat laen sbb:

1. English Version Sekolah Tinggi Teknologi Adi Sucipto
“Teknik Informatika adalah bidang Ilmu Yang sistem mempelajari unsur-unsur Tentang PADA Dan pengetahuan sistem informatika Tentang”

2. English Version STMIK Mikroskil
“Teknik informatika merupakan disiplin Ilmu Yang menginduk PADA Ilmu Komputer, Yang Kumpulan PADA dasarnya merupakan disiplin Ilmu Teknik Khusus secara Dan Yang menangani masalah transformasi Pengolahan Fakta-Fakta Danijel simbolik (data) Artikel Baru seoptimal mungkin memanfaatkan Teknologi Komputer Transformasi ITU. Berupa transovarial-transovarial logika Dan untuk Artikel SISTEMATIKA mendapatkan Solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah, sehingga program studi Memilih Artikel Baru Teknik Informatika, Kita menjadi terlatih berpikir secara sistematis untuk Artikel Dan Logis dapat menyesuaikan Artikel Baru Artikel Baru Mudah Diri pekerjaan apapun ”

3. English Institut Teknologi Harapan Bangsa
“Yang menangani Informatika adalah disiplin Ilmu Teknik Dan Pengolahan Danijel masalah transformasi Fakta simbolik Artikel Baru menggunakan Komputer tidak aktif transovarial-transovarial logika”

4. English Program Studi Teknik Informatika Sekolah Teknik Elektro Dan Informatika ITB
“Teknik Informatika adalah disiplin Kumpulan Fakta Yang mengolah berlambang (data Dan Informasi) Artikel Baru menggunakan mesin (Komputer) asithi Pengolahan tersebut terdapat Faktor-Faktor kerumitan logika Dan SISTEMATIKA. Yang PADA tingkat Tinggi akan keanaeragaman menyamai tingkat kerumitan PADA transovarial berpikir manuasia”

5. Unp Kediri (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
"Teknik Informatika merupakan suatu program yang cakupannya cukup luas", mulai dari fondasi teoritis mengenai perancangan algoritma, yaitu konsep dasar yang melandasi pengembangan perangkat lunak, sampai kepada penerapan mutakhir berupa aplikasi robotika, kecerdasan buatan, bio-informatika, dan topik-topik menarik lainnya.

Fokus kurikulum Ilmu Komputer dan Teknik Informatika seringkali lebih ilmiah dan teoritis, dan cukup banyak mengandung unsur matematika dan logika. Seorang lulusan Ilmu Komputer/Teknik Informatika memiliki kemampuan untuk merancang dan mengembangkan perangkat lunak yang canggih untuk menyelesaikan permasalahan yang rumit.


UNP KEDIRI TEKNIK INFORMATIKA unp-kediri.blogspot.com

Related Posts by Categories



0 komentar:

Posting Komentar