Adsense Indonesia
. .

Join The Community

Premium WordPress Themes

Senin, 28 Maret 2011

Freeware SoftPerfect Network Scanner V5.1.3 (portable)

SoftPerfect Network Scanner V5.1.3   
Suggested by NewKreation - Updated by Farid Muhandisa on 28 Mar 2011
723KB (uncompressed) - Popularity score (4265)
Download  

Synopsis: SoftPerfect Network Scanner is a multi-threaded IP, NetBIOS and SNMP scanner. It pings computers, scans for listening TCP ports and shows what types of resources are shared on a network (including system and hidden). In addition, it allows you to mount shared resources as network drives, browse them using Windows Explorer, filter the results list and more. SoftPerfect Network Scanner can also check for a user-defined port and report if it is found open, resolve host names and auto-detect your local IP range.
Writes settings to: Application folder
How to extract: Download the single EXE file to a folder of your choice. Launch the program by using "netscan.exe /ini" or "netscan.exe /xml".
Stealth [?]: Yes
License: Freeware
System Requirements: Win2K / WinXP / Vista / Win7

 
UNP KEDIRI TEKNIK INFORMATIKA unp-kediri.blogspot.com
BACA SELENGKAPNYA >>>>

Wallpaper Randomizer V0.38 (portable)

Wallpaper Randomizer V0.38   
Suggested by modussn - Updated by Farid Muhandisa on 28 Mar 2011
304KB (uncompressed) -
Download  

License: Freeware/Open Source
System Requirements: Win98 / WinME / WinNT / Win2K / WinXP / Vista / Win7
 
 
UNP KEDIRI TEKNIK INFORMATIKA unp-kediri.blogspot.com
BACA SELENGKAPNYA >>>>

BlueScreenView V1.32 (portable)

BlueScreenView V1.32   
Suggested by guinness - Updated by Farid Muhandisa on 28 Mar 2011
83KB (uncompressed) -
Download

Synopsis: BlueScreenView scans all your minidump files created during 'blue screen of death' crashes, and displays the information about all crashes in one table. For each crash, BlueScreenView displays the minidump filename, the date/time of the crash, the basic crash information displayed in the blue screen (Bug Check Code and 4 parameters), and the details of the driver or module that possibly caused the crash (filename, product name, file description, and file version).
Writes settings to: Application folder
How to extract: Download the ZIP package and extract to a folder of your choice. Launch BlueScreenView.exe.
Stealth : Yes
License: Freeware
System Requirements: WinXP / Vista / Win7
 
 
 
UNP KEDIRI TEKNIK INFORMATIKA unp-kediri.blogspot.com
BACA SELENGKAPNYA >>>>

WirelessNetView V1.37 (Portable)

WirelessNetView V1.37   
Suggested by guinness - Updated by Farid Muhandisa on 28 Mar 2011
64KB (uncompressed) -

Download 


Synopsis: WirelessNetView is a small utility that runs in the background, and monitor the activity of wireless networks around you. For each detected network, it displays the following information: SSID, Last Signal Quality, Average Signal Quality, Detection Counter, Authentication Algorithm, Cipher Algorithm, MAC Address, RSSI, Channel Frequency, Channel Number, and more.
Writes settings to: Application folder
How to extract:
  1. Download the ZIP package and extract to a folder of your choice.
  2. Launch WirelessNetView.exe.
Optionally, download oui.txt to the same folder to show the company name associated with the MAC address. (e.g. Intel network devices always start with code 00A092)
Stealth : Yes
License: Freeware
System Requirements: WinXP / Vista / Win7




UNP KEDIRI TEKNIK INFORMATIKA unp-kediri.blogspot.com
BACA SELENGKAPNYA >>>>

Definisi Teknik Informatika Dari Berbagai Sumber


Teknik Informatika adalah ilmu yang mempelajari tentang perangkat (bisa sistem atau alat) yang dapat menghasilkan dan mendistribusikan “informasi”. Jadi kata kunci pertama pada definisi ini adalah kata : informasi, sehingga itulah makanya bidang ini disebut sebagai : informatika. Sedangkan kata kunci kedua adalah pada kata “menghasilkan” dan “mendistribusikan”.

Tahukah anda bahwa, kata “menghasilkan informasi” itu maksudnya di era ini ya KOMPUTER, sedangkan “mendistribusikan informasi” maksudnya : Jaringan atau TELEKOMUNIKASI. Perhatikanlah bahwa kedua perangkat ini, yaitu komputer dan telekomunkasi saat ini telah mewabah kemana pun ada celah pekerjaan yg nongol di jagad raya ini. Inilah istimewanya bidang informatika.

Lalu bagaimana dengan bidang komputer lain ?

Apa maksud pertanyaan ini ? Maksudnya begini… Ternyata belajar (dalam hal ini maksudnya kuliah) komputer tidak hanya didominasi oleh jurusan informatika. Ada sejumlah juruan lain yg disebut2 sebagai serumpun dengan informatika seperti : Sistem Informasi (dulu bernama Manajemen informatika) dan Sistem Komputer (dulu bernama Teknik Komputer). Apa bedanya dengan informatika ?

Sistem informasi [menurut saya, soalnya ada juga pengertiannya versi lain] adalah lebih mengarah ke penerapan komputer untuk dunia business dan manajemen, sedangkan sistem komputer lebih mengarah ke belajar perangkat keras (hardware) komputer. Yang kedua ini menurut saya lebih mirip2 ke jurusan elektro digital yg tanggung, sedangkan yang pertama tadi kadang-kadang ilmunya mendekati bidang ekonomi setengah hati.

Sebenarnya ada bidang (jurusan) lain yang juga mengarah ke rumpun komputer seperti : Komputer akuntansi, komputer perbankan, dsbnya. Tapi saya pikir itu versi lain aja dari jurusan Sistem Informasi yang lebih dikonsentrasikan ke penerapan lebih khusus.

Adapun pendapat laen sbb:

1. English Version Sekolah Tinggi Teknologi Adi Sucipto
“Teknik Informatika adalah bidang Ilmu Yang sistem mempelajari unsur-unsur Tentang PADA Dan pengetahuan sistem informatika Tentang”

2. English Version STMIK Mikroskil
“Teknik informatika merupakan disiplin Ilmu Yang menginduk PADA Ilmu Komputer, Yang Kumpulan PADA dasarnya merupakan disiplin Ilmu Teknik Khusus secara Dan Yang menangani masalah transformasi Pengolahan Fakta-Fakta Danijel simbolik (data) Artikel Baru seoptimal mungkin memanfaatkan Teknologi Komputer Transformasi ITU. Berupa transovarial-transovarial logika Dan untuk Artikel SISTEMATIKA mendapatkan Solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah, sehingga program studi Memilih Artikel Baru Teknik Informatika, Kita menjadi terlatih berpikir secara sistematis untuk Artikel Dan Logis dapat menyesuaikan Artikel Baru Artikel Baru Mudah Diri pekerjaan apapun ”

3. English Institut Teknologi Harapan Bangsa
“Yang menangani Informatika adalah disiplin Ilmu Teknik Dan Pengolahan Danijel masalah transformasi Fakta simbolik Artikel Baru menggunakan Komputer tidak aktif transovarial-transovarial logika”

4. English Program Studi Teknik Informatika Sekolah Teknik Elektro Dan Informatika ITB
“Teknik Informatika adalah disiplin Kumpulan Fakta Yang mengolah berlambang (data Dan Informasi) Artikel Baru menggunakan mesin (Komputer) asithi Pengolahan tersebut terdapat Faktor-Faktor kerumitan logika Dan SISTEMATIKA. Yang PADA tingkat Tinggi akan keanaeragaman menyamai tingkat kerumitan PADA transovarial berpikir manuasia”

5. Unp Kediri (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
"Teknik Informatika merupakan suatu program yang cakupannya cukup luas", mulai dari fondasi teoritis mengenai perancangan algoritma, yaitu konsep dasar yang melandasi pengembangan perangkat lunak, sampai kepada penerapan mutakhir berupa aplikasi robotika, kecerdasan buatan, bio-informatika, dan topik-topik menarik lainnya.

Fokus kurikulum Ilmu Komputer dan Teknik Informatika seringkali lebih ilmiah dan teoritis, dan cukup banyak mengandung unsur matematika dan logika. Seorang lulusan Ilmu Komputer/Teknik Informatika memiliki kemampuan untuk merancang dan mengembangkan perangkat lunak yang canggih untuk menyelesaikan permasalahan yang rumit.


UNP KEDIRI TEKNIK INFORMATIKA unp-kediri.blogspot.com
BACA SELENGKAPNYA >>>>

Sabtu, 26 Maret 2011

Luncurkan Processor Terbaru, Intel Ungkap Fakta

Pihak Intel di acara peluncuran prosesor Intel Core 2nd Generation, membeberkan 
beberapa fakta menarik mengenai produk andalan terbaru mereka tersebut.

"Keluarga prosesor generasi kedua Intel Core merupakan lompatan besar untuk teknologi Intel tahun ini,
" ujar Santosh Viswanathan, Chief Representative dari Intel Indonesia, di Jakarta, Kamis (24/3/2011).

Beberapa fakta menarik mengenai Intel Core generasi kedua yaitu:

1. Pembuatan konten lebih cepat 42 persen, sementara untuk game 50 persen lebih cepat.
2. Ada hampir ada 1 miliar transistor di dalam prosesor Intel Core generasi kedua.
3. Dengan Intel Turbo Boost Technology di Intel Core generasi kedua, pengguna bisa menghemat waktu 4 jam dalam satu hari aktivitas penggunaan komputer.
4. Transistor 3 nano meter yang dipasang pada chip baru Intel Core generasi kedua, bisa dimatikan dan dinyalakan lebih dari 300 miliar kali per detik.
5. Jika dibandingkan mikroprosesor perdana Intel tahun 1971, Intel Core generasi kedua beroperasi 4.000 kali lebih cepat dan masing-masing transistor 4.000 kali lebih hemat energi.
6. Prosesor Intel Core generasi kedua dicetak dengan menggunakan silikon murni, yang disuling dari pasir pantai. Makanya disebut sebagai 'Sandybridge'. (okezone)

 
 
UNP KEDIRI TEKNIK INFORMATIKA unp-kediri.blogspot.com
BACA SELENGKAPNYA >>>>

Siswa SMA Ciptakan Spyware Ubah Nilai Ujian

 

Cara ini tak patut ditiru. Bukannya belajar dengan giat, dua orang siswa sekolah bergengsi ini malah memanipulasi nilai ujian dengan cara membobol database komputer sekolah dengan program spyware.

Entah bagaimana awalnya, Omar Kahan dan Tanvir Singh, yang kini telah berstatus mantan siswa Tesoro High School di Orange County, California, AS, mendapat ide untuk memasang program spyware di komputer sekolah mereka.

Namun pada akhirnya, kasus ini terendus pihak sekolah yang langsung melaporkannya ke kepolisian. Kahan diringkus lebih dulu, dan menyusul Singh pada September 2008. Insiden yang terjadi tiga tahun silam ini, masih dalam proses persidangan. Nasib keduanya segera diputuskan minggu ini.

Jaksa penuntut yang menangani kasus Kahan dan Singh menyebutkan, selama bersekolah di sekolah itu, keduanya mencuri berkas ujian dan menyalahgunakan informasi yang mereka dapat dari komputer sekolah.

"Mereka menginstal spyware di komputer milik beberapa pengajar dan pegawai administrasi sekolah," ujar jaksa pengadilan Orange County tersebut.

Dijelaskan jaksa, mereka memiliki akses untuk mengubah nilai. Di antaranya, Kahan mengubah nilai ujian bahasa Spanyol, kalkulus dan bahasa Inggris-nya dari C dan D menjadi A dan B+ dan mengubah nilai ke-12 siswa lainnya. (Detik/PCWorld)
UNP KEDIRI TEKNIK INFORMATIKA unp-kediri.blogspot.com
BACA SELENGKAPNYA >>>>

Kaitan Ilmu Budaya Dasar ( IBD ) dan Teknik Informatika



Ilmu IBD
Berdasarkan etimologi, Kata ilmu merupakan kata serapan dari bahasa Arab “ilm” yang berarti memahami, mengerti, atau mengetahui. Dalam kaitan penyerapan katanya, ilmu pengetahuan dapat berarti memahami suatu pengetahuan, dan ilmu sosial dapat berarti mengetahui masalah-masalah sosial, dan lain sebagainya.


Menurut Wekipedia :
“ Ilmu adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya.”
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga, terbitan Balai Pustaka, Jakarta, 2001, ilmu artinya adalah pengetahuan atau kepandaian.

Pengertian ilmu dari beberapa ahli yang terangkum dalam Filsafat Ilmu, yang disusun oleh Ismaun(2001)
* Robert Ackerman “philosophy of science in one aspect as a critique of current scientific opinions by comparison to proven past views, but such aphilosophy of science is clearly not a discipline autonomous of actual scientific paractice”. (Filsafat ilmu dalam suatu segi adalah suatu tinjauan kritis tentang pendapat-pendapat ilmiah dewasa ini dengan perbandingan terhadap kriteria-kriteria yang dikembangkan dari pendapat-pendapat demikian itu, tetapi filsafat ilmu jelas bukan suatu kemandirian cabang ilmu dari praktek ilmiah secara aktual.

* Lewis White Beck “Philosophy of science questions and evaluates the methods of scientific thinking and tries to determine the value and significance of scientific enterprise as a whole. (Filsafat ilmu membahas dan mengevaluasi metode-metode pemikiran ilmiah serta mencoba menemukan dan pentingnya upaya ilmiah sebagai suatu keseluruhan)

* A. Cornelius Benjamin “That philosopic disipline which is the systematic study of the nature of science, especially of its methods, its concepts and presuppositions, and its place in the general scheme of intellectual discipines. (Cabang pengetahuan filsafati yang merupakan telaah sistematis mengenai ilmu, khususnya metode-metodenya, konsep-konsepnya dan praanggapan-praanggapan, serta letaknya dalam kerangka umum cabang-cabang pengetahuan intelektual.)

* Michael V. Berry “The study of the inner logic if scientific theories, and the relations between experiment and theory, i.e. of scientific methods”. (Penelaahan tentang logika interen dari teori-teori ilmiah dan hubungan-hubungan antara percobaan dan teori, yakni tentang metode ilmiah.)

* May Brodbeck “Philosophy of science is the ethically and philosophically neutral analysis, description, and clarifications of science.” (Analisis yang netral secara etis dan filsafati, pelukisan dan penjelasan mengenai landasan – landasan ilmu.

* Peter Caws “Philosophy of science is a part of philosophy, which attempts to do for science what philosophy in general does for the whole of human experience. Philosophy does two sorts of thing: on the other hand, it constructs theories about man and the universe, and offers them as grounds for belief and action; on the other, it examines critically everything that may be offered as a ground for belief or action, including its own theories, with a view to the elimination of inconsistency and error.
(Filsafat ilmu merupakan suatu bagian filsafat, yang mencoba berbuat bagi ilmu apa yang filsafat seumumnya melakukan pada seluruh pengalaman manusia. Filsafat melakukan dua macam hal : di satu pihak, ini membangun teori-teori tentang manusia dan alam semesta, dan menyajikannya sebagai landasan-landasan bagi keyakinan dan tindakan; di lain pihak, filsafat memeriksa secara kritis segala hal yang dapat disajikan sebagai suatu landasan bagi keyakinan atau tindakan, termasuk teori-teorinya sendiri, dengan harapan pada penghapusan ketakajegan dan kesalahan.

* Stephen R. Toulmin “As a discipline, the philosophy of science attempts, first, to elucidate the elements involved in the process of scientific inquiry observational procedures, patens of argument, methods of representation and calculation, metaphysical presuppositions, and so on and then to veluate the grounds of their validity from the points of view of formal logic, practical methodology and metaphysics”.
(Sebagai suatu cabang ilmu, filsafat ilmu mencoba pertama-tama menjelaskan unsur-unsur yang terlibat dalam proses penyelidikan ilmiah prosedur-prosedur pengamatan, pola-pola perbinacangan, metode-metode penggantian dan perhitungan, pra-anggapan-pra-anggapan metafisis, dan seterusnya dan selanjutnya menilai landasan-landasan bagi kesalahannya dari sudut-sudut tinjauan logika formal, metodologi praktis, dan metafisika).

Berdasarkan berbagai macam penertian ilmu yang telah diutarakan diatas, saya berpendapat bahwa ilmu adalah suatu kepandaian untuk menyelidiki dan meningkatkan pemahaman dari berbagai segi kenyataan.
Ilmu merupakan  kepandaian khusus yang bersifat logic dimana seseorang akan mencari jawaban dari sesuatu yang dapat menimbulkan pertanyaan-pertanyaan baru dalam benak si pencari ilmu. Ilmu dapat dirasakan manfaatnya tetapi ilmu tidak dapat dilihat langsung.
Menurut Wekipedia,
Ada persyaratan ilmiah sesuatu dapat disebut sebagai ilmu. Sifat ilmiah sebagai persyaratan ilmu banyak terpengaruh paradigma ilmu-ilmu alam yang telah ada lebih dahulu.
  1. Objektif. Ilmu harus memiliki objek kajian yang terdiri dari satu golongan masalah yang sama sifat hakikatnya, tampak dari luar maupun bentuknya dari dalam. Objeknya dapat bersifat ada, atau mungkin ada karena masih harus diuji keberadaannya. Dalam mengkaji objek, yang dicari adalah kebenaran, yakni persesuaian antara tahu dengan objek, dan karenanya disebut kebenaran objektif; bukan subjektif berdasarkan subjek peneliti atau subjek penunjang penelitian.
  2. Metodis adalah upaya-upaya yang dilakukan untuk meminimalisasi kemungkinan terjadinya penyimpangan dalam mencari kebenaran. Konsekuensi dari upaya ini adalah harus terdapat cara tertentu untuk menjamin kepastian kebenaran. Metodis berasal dari kata Yunani “Metodos” yang berarti: cara, jalan. Secara umum metodis berarti metode tertentu yang digunakan dan umumnya merujuk pada metode ilmiah.
  3. Sistematis. Dalam perjalanannya mencoba mengetahui dan menjelaskan suatu objek, ilmu harus terurai dan terumuskan dalam hubungan yang teratur dan logis sehingga membentuk suatu sistem yang berarti secara utuh, menyeluruh, terpadu , mampu menjelaskan rangkaian sebab akibat menyangkut objeknya. Pengetahuan yang tersusun secara sistematis dalam rangkaian sebab akibat merupakan syarat ilmu yang ketiga.
  4. Universal. Kebenaran yang hendak dicapai adalah kebenaran universal yang bersifat umum (tidak bersifat tertentu). Contoh: semua segitiga bersudut 180º. Karenanya universal merupakan syarat ilmu yang keempat. Belakangan ilmu-ilmu sosial menyadari kadar ke-umum-an (universal) yang dikandungnya berbeda dengan ilmu-ilmu alam mengingat objeknya adalah tindakan manusia. Karena itu untuk mencapai tingkat universalitas dalam ilmu-ilmu sosial, harus tersedia konteks dan tertentu pula.
Sejak dahulu kala ilmu sudah ada disertai dengan ruang lingkup yang tanpa batas. Beberapa macam nama ilmu yang biasa didengar adalah ilmu hitung, ilmu alam, ilmu social, ilmu silat, ilm dagang, ilmu politik, ilmu sastra, dll. Ilmu harus dapat menjawab pertanyaan ”mengapa” dan “bagaimana”.

Budaya

Menurut Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai “kultur” dalam bahasa Indonesia.

Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic. Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.

Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.
Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

Menurut J.J. Hoenigman, wujud kebudayaan dibedakan menjadi tiga: gagasan, aktivitas, dan artefak.
  • Gagasan (Wujud ideal)
    Wujud ideal kebudayaan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan, dan sebagainya yang sifatnya abstrak; tidak dapat diraba atau disentuh. Wujud kebudayaan ini terletak dalam kepala-kepala atau di alam pemikiran warga masyarakat. Jika masyarakat tersebut menyatakan gagasan mereka itu dalam bentuk tulisan, maka lokasi dari kebudayaan ideal itu berada dalam karangan dan buku-buku hasil karya para penulis warga masyarakat tersebut.
  • Aktivitas (tindakan)
    Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu. Wujud ini sering pula disebut dengan sistem sosial. Sistem sosial ini terdiri dari aktivitas-aktivitas manusia yang saling berinteraksi, mengadakan kontak, serta bergaul dengan manusia lainnya menurut pola-pola tertentu yang berdasarkan adat tata kelakuan. Sifatnya konkret, terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat diamati dan didokumentasikan.
  • Artefak (karya)
    Artefak adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas, perbuatan, dan karya semua manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, dan didokumentasikan. Sifatnya paling konkret diantara ketiga wujud kebudayaan.
Dalam kenyataan kehidupan bermasyarakat, antara wujud kebudayaan yang satu tidak bisa dipisahkan dari wujud kebudayaan yang lain. Sebagai contoh: wujud kebudayaan ideal mengatur dan memberi arah kepada tindakan (aktivitas) dan karya (artefak) manusia.
Masyarakat kecil yang berpindah-pindah atau masyarakat pedesaan yang hidup dari pertanian paling sedikit mengenal delapan macam teknologi tradisional (disebut juga sistem peralatan dan unsur kebudayaan fisik), yaitu:
Dalam kebudayaan unsur-unsur dasar tetrsebut, walaupun waktu terus berjalan tetapi dasar-dasar ini akan dipertahankan keasliannya. Karena kebudyaan setiap anggota kelompok berbeda satu sama lainnya. Walaupun ada kebudayaan yang hampir sama, tetapi pasti ada hal kecil yang tetap membedakannya dengan yang lain. Kebudayan suatu kelompok banyak ditentukan dari segi alam, missal, tempat dimana mereka tinggal, jumlah makanan yang tersedia di alam untuk mereka makan, dan factor-faktor lainnya.
Wujud nyata darikebudayaan adalah bahasa. Walaupun bahasa kita di dunia hampir tidak ada yang sama satu sama lainnya, tapi kita semua tetap memiliki tujuan dan maksud yang sama.
Perubahan sosial budaya dapat terjadi bila sebuah kebudayaan melakukan kontak dengan kebudayaan asing.
Perubahan budaya juga dapat timbul akibat timbulnya perubahan lingkungan masyarakat, penemuan baru, dan kontak dengan kebudayaan lain. Sebagai contoh, berakhirnya zaman es berujung pada ditemukannya sistem pertanian, dan kemudian memancing inovasi-inovasi baru lainnya dalam kebudayaan.

Penetrasi kebudayaan

Yang dimaksud dengan penetrasi kebudayaan adalah masuknya pengaruh suatu kebudayaan ke kebudayaan lainnya. Penetrasi kebudayaan dapat terjadi dengan dua cara:
Penetrasi damai (penetration pasifique)
Masuknya sebuah kebudayaan dengan jalan damai. Misalnya, masuknya pengaruh kebudayaan Hindu dan Islam ke Indonesia[rujukan?]. Penerimaan kedua macam kebudayaan tersebut tidak mengakibatkan konflik, tetapi memperkaya khasanah budaya masyarakat setempat. Pengaruh kedua kebudayaan ini pun tidak mengakibatkan hilangnya unsur-unsur asli budaya masyarakat.
Penyebaran kebudayaan secara damai akan menghasilkan Akulturasi, Asimilasi, atau Sintesis. Akulturasi adalah bersatunya dua kebudayaan sehingga membentuk kebudayaan baru tanpa menghilangkan unsur kebudayaan asli. Contohnya, bentuk bangunan Candi Borobudur yang merupakan perpaduan antara kebudayaan asli Indonesia dan kebudayaan India. Asimilasi adalah bercampurnya dua kebudayaan sehingga membentuk kebudayaan baru. Sedangkan Sintesis adalah bercampurnya dua kebudayaan yang berakibat pada terbentuknya sebuah kebudayaan baru yang sangat berbeda dengan kebudayaan asli.
Penetrasi kekerasan (penetration violante)
Masuknya sebuah kebudayaan dengan cara memaksa dan merusak. Contohnya, masuknya kebudayaan Barat ke Indonesia pada zaman penjajahan disertai dengan kekerasan sehingga menimbulkan goncangan-goncangan yang merusak keseimbangan dalam masyarakat.

Kebudayaan di antara masyarakat

Sebuah kebudayaan besar biasanya memiliki sub-kebudayaan (atau biasa disebut sub-kultur), yaitu sebuah kebudayaan yang memiliki sedikit perbedaan dalam hal perilaku dan kepercayaan dari kebudayaan induknya. Munculnya sub-kultur disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya karena perbedaan umur, ras, etnisitas, kelas, aesthetik, agama, pekerjaan, pandangan politik dan gender,
Ada beberapa cara yang dilakukan masyarakat ketika berhadapan dengan imigran dan kebudayaan yang berbeda dengan kebudayaan asli. Cara yang dipilih masyarakat tergantung pada seberapa besar perbedaan kebudayaan induk dengan kebudayaan minoritas, seberapa banyak imigran yang datang, watak dari penduduk asli, keefektifan dan keintensifan komunikasi antar budaya, dan tipe pemerintahan yang berkuasa.
  • Monokulturalisme: Pemerintah mengusahakan terjadinya asimilasi kebudayaan sehingga masyarakat yang berbeda kebudayaan menjadi satu dan saling bekerja sama.
  • Leitkultur (kebudayaan inti): Sebuah model yang dikembangkan oleh Bassam Tibi di Jerman. Dalam Leitkultur, kelompok minoritas dapat menjaga dan mengembangkan kebudayaannya sendiri, tanpa bertentangan dengan kebudayaan induk yang ada dalam masyarakat asli.
  • Melting Pot: Kebudayaan imigran/asing berbaur dan bergabung dengan kebudayaan asli tanpa campur tangan pemerintah.
  • Multikulturalisme: Sebuah kebijakan yang mengharuskan imigran dan kelompok minoritas untuk menjaga kebudayaan mereka masing-masing dan berinteraksi secara damai dengan kebudayaan induk.
Dasar
Dasar adalah pondasi atau alas yang menyokong sesuau mulai dari yang terlecil atau terendah sampai yang tertinggi, tanpa dasar sesuatu tidak akan mencapai suatu tujuan. Tanpa dasar kita tidak akan menyelesaikan sesuatu dengan baik. Karena sesuatu hal akan berjalan dan terselesaikan dengan baik jika memiliki dasar. Dasar yang semakin kuat akan semakin kokoh namun dasar yang lemah akan cepat jatuh. Misalnya saja Agama, agama merupakan pondasi atau dasar untuk kita melakukan sesuatu dengan baik. Orang yang tidak memiliki dasar agama akan bingung dalam mencari tujuan hidup mereka, sedangkan orang memiliki dasar yang kuat akan lebih mudah dalam menggapai sesuatunya. Tanpa kita mengenal terlebih dahulu dasar, kita tidak dapat melakukan sesuatu yang ada ditingkat selanjutnya. Sehingga dalam segi apapun di dunia ini, dasar adalah suatu kewajiban yang harus kita mengerti, telaah dan pahami terlebih dahulu sebelum kita bertindak ke tahap-tahap selnjutnya.


Teknik
Dari Wikipedia bahasa Indonesia,
Teknik atau rekayasa adalah penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan manusia. Hal ini diselesaikan lewat pengetahuan, matematika dan pengalaman praktis yang diterapkan untuk mendesain objek atau proses yang berguna. Para praktisi teknik profesional disebut insinyur (sarjana teknik).
Menurut sejarahnya, banyak para ahli yang meyakini kemampuan teknik manusia sudah tertanam secara natural. Hal ini ditandai dengan kemampuan manusia purba untuk membuat peralatan peralatan dari batu. Dengan kata lain teknik pada mulanya didasari dengan trial and error untuk menciptakan alat untuk mempermudah kehidupan manusia. Seiring dengan berjalannya waktu, ilmu pengetahuan mulai berkembang, dan mulai merubah cara pandang manusia terhadap bagaimana alam bekerja. Perkembangan ilmu pengetahuan ini lah yang kemudian merubah cara teknik bekerja hingga seperti sekrang ini. Orang tidak lagi begitu mengandalakan trial and error dalam menciptakan atau mendesain peralatan, melainkan lebih mengutamakan ilmu pengetahuan sebagai dasar dalam mendesain.

Informatika
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Informatika (Inggris: Informatics) merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Disiplin ilmu ini mencakup beberapa macam bidang, termasuk di dalamnya: ilmu komputer, ilmu informasi, sistem informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen. Secara umum informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi. Aspek dari informatika lebih luas dari sekedar sistem informasi berbasis komputer saja, tetapi masih banyak informasi yang tidak dan belum diproses dengan komputer.
Informatika mempunyai konsep dasar, teori, dan perkembangan aplikasi tersendiri. Informatika dapat mendukung dan berkaitan dengan aspek kognitif dan sosial, termasuk tentang pengaruh serta akibat sosial dari teknologi informasibioinformatika, informatika medis, dan informasi yang mendukung ilmu perpustakaan, merupakan beberapa contoh yang lain dari bidang informatika. pada umumnya. Penggunaan informasi dalam beberapa macam bidang, seperti
Dalam ruang lingkup yang lebih luas, informatika meliputi beberapa aspek:
  • teori informasi yang mempelajari konsep matematis dari suatu informasi
  • ilmu informasi yang mempelajari tentang cara pengumpulan, klasifikasi, manipulasi penyimpanan, pengaksesan, dan penyebarluasan informasi untuk keperluan sosial dan kemasyarakatan secara menyeluruh
  • ilmu komputer dan teknik komputer yang mempelajari tentang pemrosesan, pengarsipan, dan penyebaran informasi dengan menggunakan teknologi informasi dan alat lain yang berbasis komputer.
Hubungan ilmu dengan teknik dapat menjadi sebuah cabang ilmu yang baru yang bisa kita sebut ilmu teknik. Ilmu teknik adalah penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan yang bermanfaat bagi manusia untuk kepentingan kehidupannya. Ilmu teknik ini kalau kita telaah lagi dapat memiliki cabang-cabang yang lainnya lagi, misalnya saja ilmu teknik mesin, ilmu teknik informatika, ilmu teknik informasi dan mungkin masih banyak cabang-cabang ilmu teknik yang berkeliaran diluar sana.
Hubungan ilmu dengan budaya juga dapat menimbulkan cabang ilmu yang lain yaitu cabang ilmu budaya. Ilmu budaya adalah cara kita memahami, mengetahui dan mengerti hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia, sesuatu cara kita memahami bagaimana kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh sekelompok orang tertentu disaat berjuang untuk mempertahankan hidup. Missal kebudayaan manusia praserjarah, ilmu budaya sangat diperlukan untuk menyelidiki hal-hal yang mereka lakukan pada saat itu untuk tetap bertahan hidup memperbanyak turunan mereka dan bagaimana cara mereka menghibur diri pada zamannya. Ilmu budaya sangat penting guna mencaritahu bagaimana kehidupan masa lampau. Sama seperti ilmu teknik, ilmu budaya juga dapat berkembang menjadi berbagai macam cabang ilmu yang lainnya missal, ilmu budaya dasar ilmu budaya tingkat tinggi dan cabang-cabang ilmu budaya lainnya. Ilmu budaya ini akan semakin berkembang semakin hari, karena budaya yang berkembang sampai saat ini sudah mengalami kelajuan yang pesat dari 
zaman lampau
Hubungan Ilmu dengan dasar menjadi sebuah dasar dari ilmu atau Ilmu dasar yang harus kita pelajari terlebih dahulu agar kita mengerti di tingkat ilmu selanjutnya. Ilmu dasar sangat penting untuk berbagai macam cabang ke-ilmuan. Karena tanpa dasar dari ilmu kita akan sulit untuk memahami ilmu yang ingin kita pelajari.
Hubungan Ilmu dengan Informatika adalah ilmu informasi yang mempelajari tentang cara pengumpulan, klasifikasi, manipulasi penyimpanan, pengaksesan, dan penyebarluasan informasi untuk keperluan sosial dan kemasyarakatan secara menyeluruh dengan kode matematika atau diselesaikan dengan logika matematika untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Hubungan budaya dengan teknik, budaya selalu berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, misalnya saja teknik bercocok tanam masyarakat kita adalah suatu budaya yang sudah ada sejak jaman prasejarah. Teknik dan budaya merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan karena sutu teknik tertentu merupakan suatu budaya yang sudah pernah atau pun sering dilakukan baik itu pada zaman prasejarah atau pun sampai zaman modern sekarang ini.
Hubungan budaya dengan informatika, informatika adalah informasi yang disampaikan melalui matematika. Informasi dapat berbentuk lisan maupun tertulis. Informasi merupakan suatu kebudyaan yang sudah ada sejak adanya manusia pertama di muka bumi ini, mereka mengerti satu sama lain melaui informasi yang disampaikan. Walaupun bahasa yang mereka gunakan berbeda satu sam lainnya, tapi tetap mereka mempunya maksud yang sama. Informasi ini sudah menjadi budaya yang selalu digunakan oleh orang untuk melakukan komunikasi dengan yang lainnya. Informasi yang disampaikan secara lisan jaranng menggunakan cara atau metode matematis, karena informasi lisan bersifat langsung yang harus segera dilakukan tanpa banyak menunggu lagi. Sedangkan informasi yang disampaikan secara tertulis sebagian menggunakan metode matematika. Contonya saja sms ataupun email, yang dirancang dengan menggunakan dasar matematika, agar pesan yang ingin disampaikan diterima oleh si penerima dengan cepat dan baik. Di zaman modern ini informasi yang disampaikan dengan cara matematis sudah banyak berkeliaran. orang-orang pada zaman ini membutuhkan informasi yang efektif dan mamilki efisiensi yang tinggi. Karena di zaman ini orang-orang memiliki kesibukan yang luar biasa.
Hubungan dasar dengan teknik dapat berupa teknik dasar. Teknik dasar adalah penerapan ilmu teknologi dasar untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan manusia yang semaikin rumit. Sebuah teknik pada dasarnya didasari dengan trial and error untuk menciptakan sesuatu yang berguna dan mempermudah semua aktivitas bagi kehidupan manusia.
Hubungan dasar dengan informatika adalah dasar dari informasi adalah untuk berkomunikasi dengan orang lain. Setiap orang tidak akan bertahan hidup sendirian. Manusia membutuhkan orang lain untuk hidup. Komunikasi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara baik itu yang tradisional ataupun cara yang modern.


Dari uraian diatas tentang ilmu, budaya, dasar, teknik dan informatika, saya menyimpulkan bahwa semua hal tersebut salling berhubungan satu sama lainnya misalnya saja sebuah budaya adalah ilmu yang nurupakan teknik dasar kita dalam melakukan komunikasi guna mendapatkan informasi. Namun apakah kesemua point-point itu sudah dimengerti dan dijalankan oleh semua orang khusunya di Indonesia. Bagaimana cara merka mempraktikannya dalam dunia nyata.
 
 
UNP KEDIRI TEKNIK INFORMATIKA unp-kediri.blogspot.com
BACA SELENGKAPNYA >>>>

Minggu, 20 Maret 2011

Freeware Fishbowl, Aplikasi Facebook Client

Fishbowl, Aplikasi Facebook Client
Saat ini, hampir semua orang telah akrab dengan Facebook, situs jejaring sosial terbesar dengan pengguna terbanyak. Mereka memanfaatkan situs jejaring sosial ini untuk senantiasa terhubung dengan teman-teman dan saudara-saudara mereka. Tidak hanya mereka yang muda, bahkan mereka yang sudah cukup berumur pun ikut memanfaatkan situs jejaring sosial ini.

Facebook memang menyediakan banyak fasilitas yang cukup mudah untuk digunakan. Fitur chat misalnya, sangat mudah praktis untuk digunakan. Kita hanya perlu melakukan login kedalam akun kita saja dan kita dapat langsung melakukan chat. Fitur untuk meninggalkan pesan pada wall juga merupakan fitur yang sangat praktis untuk berkirim pesan ataupun berbagi hal-hal yang kita anggap menarik. Tersedia pula berbagai aplikasi game yang sangat menarik, yang sekaligus dapat kita gunakan untuk berinteraksi dengan sesama pengguna Facebook.
Fishbowl, Aplikasi Facebook Client
Fishbowl adalah sebuah aplikasi yang sangat bermanfaat bagi para pengguna Facebook. Dengan aplikasi Fishbowl ini, berbagai macam fitur Facebook akan menjadi terintegrasi dengan desktop. Aplikasi desktop ini memungkinkan para pengguna Facebook untuk dapat membaca newsfeed, melakukan update status, meninggalkan komentar, ataupun mengunggah foto dengan mudah dari desktop mereka. Dengan demikian, para pengguna Facebook dapat selalu terhubung melalui desktop mereka. Para pengguna Facebook yang memanfaatkan aplikasi ini tidak lagi perlu melakukan login dari web browser untuk mengakses berbagai macam fitur Facebook.
Walaupun sangat bermanfaat, aplikasi Fishbowl ini hanyalah sebuah aplikasi trial. Aplikasi ini dapat diunduh di www.fishbowlclient.com dan dipakai secara gratis, namun tidak ada support yang tesedia.
 
 
UNP KEDIRI TEKNIK INFORMATIKA unp-kediri.blogspot.com
BACA SELENGKAPNYA >>>>

Tips Memperbaiki Windows Tidak Mau Booting (Registry error)

Komputer yang kita gunakan mungkin pernah mengalami kerusakan sistem (registry) sehingga tidak mau booting atau masuk ke windows. Kerusakan registry ini bisa terjadi karena banyak hal, seperti karena konflik software yang di install, komputer mati mendadak, virus dan sebagainya. Apa tandanya kerusakan registry dan bagaimana mengatasi jika hal ini terjadi ?
Yang pertama perlu diperhatikan adalah membaca apa pesan error atau peringatan (warning) ketika komputer bermasalah. Jika perlu, tulis apa tampilan terakhir atau pesan yang muncul di layar monitor (yang bisa kita gunakan untuk mencari solusi dari internet). Tidak semua error karena kerusakan registry windows. Kerusakan Registry windows biasanya ditandai dengan munculnya pesan seperti berikut :
  • Windows could not start because the following file is missing or corrupt: \WINDOWS\SYSTEM32\CONFIG\SYSTEM atau \WINDOWS\SYSTEM32\CONFIG\SOFTWARE, atau \WINDOWS\SYSTEM32\ saja dan sejenisnya
  • Stop: c0000218 {Registry File Failure} The registry cannot load the hive (file): \SystemRoot\System32\Config\SOFTWARE or its log or alternate
  • System error: Lsass.exe
    When trying to update a password the return status indicates that the value provided as the current password is not correct.
Selain contoh pesan error diatas, mungkin masih banyak pesan sejenis yang ditampilkan ketika sistem/registry windows mengalami kerusakan. Jika komputer ketika booting atau restart hanya behenti di pesan error seperti diatas, maka bisa dicoba langkah mudah berikut:
  1. Restart Windows
  2. Kemudian tekan-tekan tombol F8 sampai muncul tampilan seperti berikut :

    Untuk Windows 7 :
  3. Dari pilihan yang ada, pilih Last Known Good Configuration (untuk windows XP ada ketarangan dalam kurungnya: your most recent setting that worked)
  4. Jika berjalan lancar seharusnya bisa kembali masuk ke windows
Setelah langkah diatas, mungkin ada beberapa program atau software yang belum lama di install tidak bisa berjalan sempurna. Hal ini karena bisa jadi backup data registry windows belum menyimpan konfigurasi software yang di install ini, sehingga software tersebut perlu di install ulang.
Jika langkah diatas tidak berhasil, maka mungkin harus dilakukan dengan langkah manual. Intinya adalah mengganti file-file registry windows yang rusak. File-file registry windows ini ada di lokasi c:\windows\system32\config, filenya adalah :
  • system
  • software
  • sam
  • security
  • default
File-file backup registry ini biasanya ada di folder C:\WINDOWS\repair. Untuk mengganti file-file diatas, bisa menggunakan bootable CD/flashdisk atau manual menggunakan windows repair, langkahnya bisa dilihat selengkapnya di support.microsoft.com


UNP KEDIRI TEKNIK INFORMATIKA unp-kediri.blogspot.com
BACA SELENGKAPNYA >>>>

Sabtu, 19 Maret 2011

Canggih, Motorola Droid Digunakan Untuk Hacking Lampu Lalu Lintas


Mungkin menurut anda handphone Motorola tidak ada apa-apanya
dibanding yang lain baik segi fitur atau desain. Jangan dulu anggap
remeh dengan produk-produk Motorola, dalam segi fitur standar Motorola
pun telah memilikinya dan bahkan memiliki kelebihan yang tidak dimiliki
oleh produk lain.

Inilah Motorola Droid yang akan menunjukan kehebatannya.
Setelah di unlock handphone ini mampu ngehack lampu lalu lintas
dan mendeteksi uang yang ada di dompet kita.
Two thumbs up buat The Unlocker dan juga Motorola,
silahkan anda lihat video kehebatannya dibawah ini:







UNP KEDIRI TEKNIK INFORMATIKA unp-kediri.blogspot.com
BACA SELENGKAPNYA >>>>

Ilmuwan Temukan Cara Tingkatkan Daya Tahan Baterai 100 x Lipat

Sebuah tim insinyur kelistrikan di Universitas Illinois, Amerika Serikat (AS), menemukan cara untuk meningkatkan daya tahan baterai ponsel maupun laptop menjadi 100 kali lebih lama.

Caranya adalah dengan mengubah cara kerja memory digital perangkat tersebut, karena ini mengkonsumsi sebagian besar daya baterai.

Diketahui, memory ponsel saat ini memiliki kawat logam tipis, yang akan dilewati aliran listrik untuk menerima data. Tim insinyur ini berpendapat, jika ukuran komponen yang digunakan untuk menyimpan dan menerima data bisa diperkecil, maka arus listrik yang mengalir juga akan berkurang.

Para ilmuwan ini pun menawarkan solusi dengan menggunakan tube nano karbon yang berukuran 10 ribu kali lebih kecil daripada rambut manusia.

"Dengan menggunakan kontak berskala nano, kami bisa menggunakan listrik yang jauh lebih sedikit. Saya rasa, setiap orang yang bermasalah dengan begitu banyak charger dan men-charge perangkat mereka setiap malam akan menginginkan ponsel ataupun laptop yang memiliki daya tahan batere hingga beberapa pekan atau bulan," jelas Profesor Eric Pop yang memimpin proyek ini.

Prof Pop menambahkan, metode ini bisa meningkatkan efisiensi ponsel sedemikian rupa sehingga ponsel nantinya bisa beroperasi dengan memanfaatkan udara panas, energi kinetik atau energi matahari.



UNP KEDIRI TEKNIK INFORMATIKA unp-kediri.blogspot.com
BACA SELENGKAPNYA >>>>

Komputer IBM Berhasil Kalahkan Otak Manusia

Di sebuah restoran di New York, suatu siang pada 2004. Manager riset IBM, Charles Lickel, yang sedang makan siang dengan koleganya di sana, heran bukan kepalang karena tiba-tiba restoran itu sunyi senyap.

Setelah tanya sana-sini, mafhumlah Lickel bahwa biang keladi itu semua adalah Ken Jennings. Para tamu rupanya sedang menonton kepiawaian ilmuwan komputer asal Washington itu di sebuah kuis bernama Jeopardy! .

Jeopardy! adalah kuis televisi, yang para pesertanya mesti mengartikan apa yang tersirat, berbagai ironi, teka-teki, dan petunjuk-petunjuk rumit lainnya. Jennings rupanya berhasil memenangi 74 game pada kurun 2004-2005 dan mengantongi hadiah senilai US$ 2,5 juta.

Eureka! Di benak Lickel langsung muncul ide brilian. IBM, menurut dia, mesti menciptakan mesin komputer yang mampu mengalahkan otak Jennings setelah kesuksesan Deep Blue, komputer IBM lain, mengalahkan Gary Kasparov dalam sebuah pertandingan catur pada 1997.

Pada Februari lalu, tepatnya tanggal 14-16, IBM berhasil mengadu sistem komputer buatannya, yang bernama Watson, dengan Jennings dan Brad Rutter, jawara Jeopardy! lainnya. Hasilnya, komputer IBM menang.

Watson adalah sistem komputer spesialisasi tanya-jawab. Mesin ini berbasis server IBM Power7 dan peranti lunak tanya-jawab IBM DeepQA. Piranti lunak ini diciptakan untuk mampu menganalisis bahasa yang rumit, memberikan jawaban yang tepat atas petunjuk, seperti di Jeopardy!. Semuanya dilakukan secara bersamaan, dalam kecepatan tinggi, dan menganalisis informasi secara real time.

Adapun mesinnya terdiri atas 90 server IBM Power 750 termasuk tambahan input/output, jaringan, dan node pengontrol cluster dalam 10 rak. Total core atau intinya adalah 2.880, dan RAM-nya mencapai 16 Terabita.

Tiap server memakai delapan core prosesor dengan kecepatan 3,4 GHz dan empat thread untuk tiap core-nya. Proses kerjanya dilakukan secara paralel, yang cocok untuk DeepQA.

Peranti-peranti lunak Watson dikerjakan dengan bahasa Java dan C++ serta memakai sistem pendistribusi file Apache Hadoop, framework Apache UIMA (Unstructured Information Management Architecture), serta sistem operasi SUSE Linux Enterprise Server 11.

Watson mampu memproses data sebesar 500 Gigabita per detik. Ini setara dengan Anda membaca sejuta buku dalam satu detik.

Keberhasilan Watson, yang diambil dari nama pendiri IBM, Thomas J. Watson, tak tercipta dalam waktu singkat. Pada 2005, Paul Horn, eksekutif di Badan Riset IBM, menyambut baik ide Lickel. Namun ide itu tak ubahnya seperti tantangan.

Tantangan itu jauh lebih rumit ketimbang permainan catur yang tak membutuhkan kata-kata. Sedangkan Jeopardy! adalah justru permainan kata-kata dan ide. Horn kemudian dibantu David Ferrucci, Manager Senior di departemen Semantic Analysis and Integration IBM, untuk mewujudkan mesin itu.

Sebelum Watson, lahir Piquant. Namun komputer ini hanya berhasil menjawab 35 persen kata kunci dan sering membutuhkan beberapa menit untuk merespons. Padahal, untuk menang di Jeopardy!, peserta harus merespons dalam beberapa detik saja.

Watson kemudian lahir. Dalam sebuah tes pada 2006, ia hanya mampu menjawab 500 kata kunci dari beberapa episode Jeopardy! sebelumnya. Tim Ferrucci, yang dibantu 15 orang lainnya, kemudian diberi waktu 4-5 tahun untuk mencoba memecahkan persoalan itu. Pada Februari 2010, mesin Watson anyar akhirnya sudah mampu unjuk gigi di Jeopardy!.

Pertarungan sebenarnya terjadi setahun kemudian. Melawan dua jawara Jeopardy! sekaligus, Watson membuktikan kepiawaiannya mengalahkan kompleksitas otak manusia.

Untuk sampai ke puncak, Watson harus menjalani latih tanding sebanyak 50 kali melawan para jawara Jeopardy!. Anda tahu, Watson juga menjalani tes awal untuk menjadi calon peserta, seperti kontestan yang lain.

“Tim kami sangat termotivasi oleh kemungkinan-kemungkinan yang dapat diwujudkan oleh kemampuan komputasi Watson yang tiada tara ini untuk membangun planet yang lebih pintar dan membantu umat manusia menyelesaikan pekerjaan dan meningkatkan kualitas hidup mereka,” kata Ferrucci. (tempo)

UNP KEDIRI TEKNIK INFORMATIKA unp-kediri.blogspot.com
BACA SELENGKAPNYA >>>>

Mei, Google Akan Luncurkan Situs Saingan Facebook?

Google dikabarkan akan meluncurkan situs jejaring sosial baru, pesaing Facebook, bernama Google Circles pada konferensi Google I/O, Mei mendatang. Seperti apa?

Informasi terbaru itu dihembuskan oleh blog teknologi The Next Web. Google diramalkan akan memamerkan Google Circle di Austin, Texas.

Media sosial memang menjadi perhatian pihak Google. Wakil Presiden layanan lokasi Google, Marissa Mayer pernah menyebutkan Google sedang bekerja menciptakan sistem rekomendasi sosial berbasis lokasi.

Meskipun begitu, juru bicara Google, seperti dikutip Telegraph
membantah dan menolak memberikan keterangan lebih lanjut.

“Google tidak meluncurkan produk di acara apapun.
Kami tidak ingin memberikan komentar atas rumor dan spekulasi,
” katanya.

Kabar burung itu terus berhembus mengingat Google biasanya memamerkan
produk baru di acara bergengsi ini. Pada konferensi Google I/O tahun lalu, perusahaan meluncurkan Google TV.

Selain itu, Google I/0 di 2009, Google meluncurkan Google Wave,
layanan kolaborasi yang saat ini sudah tidak dimanfaatkan lagi.
(inilah)




UNP KEDIRI TEKNIK INFORMATIKA unp-kediri.blogspot.com
BACA SELENGKAPNYA >>>>

Rabu, 16 Maret 2011

Ilmu Budaya Dasar Bag I


Ilmu Budaya Basar
Bag 1


Ilmu Pengetahuan dan Perkembangannya
Ilmu pengetahuan tercipta karena adanya kebutuhan manusia untuk menguasai alam semesta dalam rangka mempertahankan kehidupannya.
Sesuai dengan perkembangan kebutuhan manusia, ilmu pengetahuan pun berkembang dengan sangat pesatnya.
Ilmu pengetahuan tidak selalu membuat manusia menjadi lebih beradab dan mencapai kesempurnaan hidup, tetapi ilmu pengetahuan juga dapat menjadi bencana bagi manusia dan lingkungannya jika dikelola oleh manusia yang tidak memiliki moral kemanusiaan.
Meskipun secara umum ilmu pengetahuan lebih banyak manfaatnya bagi kehidupanmanusia, tetapi perkembangan ilmu pengetahuan itu sendiri bukannya tanpa kritik.
Kalangan postmodernisme mengkritik ilmu pengetahuan modern yang dianggap mereka telah gagal membentuk kepribadian manusia secara utuh. Ilmu pengetahuan modern pada sisi lain telah membuat pribadi manusia terpecah-belah oleh kepentingankepentingan bisnis, sehingga manusia tidak lagi memiliki jiwa yang independen.

ILMU PENGETAHUAN DAN KITA
Ilmu pengetahuan berkembang karena ada kebutuhan manusia untuk dapat mempertahankan diri. Untuk dapat bertahan, manusia harus dapat menguasai alam semesta. Penguasaan terhadap alam semesta itu dilakukan dengan tidak merusak tatanan alam itu sendiri. Kerusakan terhadap tatanan alam akan berdampak pada kehidupan umat manusia. Agar penguasaan alam semesta tidak bertampak pada perusakan, maka penguasaan terhadap ilmu pengetahuan perlu dibaringi dengan norma dan etika.
Ilmuwan harus mempunyai norma dan etika. Tanpa norma dan etika, ilmu pengetahuan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi keserakahan orang-orang tertentu yang lebih kuat Tujuan ilmu pengetahuan adalah untuk menciptakan kesejahteraan umat manusia dengan tetap mempertimbangan harmoni antara kehidupan umat manusia dan alam sekitarnya.

HAKIKAT MANUSIA
Berbicara tentang manusia maka satu pertanyaan klasik yang sampai saat ini belum memperoleh jawaban yang memuaskan adalah pertanyaan tentang siapakah manusia itu. Banyak teori telah dikemukakan, di antaranya adalah pemikiran dari aliran materialisme, idealisme, realisme klasik, dan teologis.
Aliran materialisme mempunyai pemikiran bahwa materi atau zat merupakan satu-satunya kenyataan dan semua peristiwa terjadi karena proses material ini, sementara manusia juga dianggap juga ditentukan oleh proses-proses material ini.
Sedangkan aliran idealisme beranggapan bahwa jiwa adalah kenyataan yang sebenarnya. Manusia lebih dipandang sebagai makhluk kejiwaan/kerohanian. Aliran realisme klasik beranggapan bahwa jiwa adalah kenyataan yang sebenarnya. Manusia lebih dipandang sebagai makhluk kejiwaan/kerohanian, dan aliran teologis membedakan manusia dari makhluk lain karena hubungannya dengan Tuhan.
Di samping itu, beberapa ahli telah berusaha merekonstruksikan kedudukan manusia di antara makhluk lainnya. Juga berusaha membandingkan manusia dengan makhluk lainnya. Dari hasil perbandingan tersebut ditemukan bahwa semua makhluk mempunyai dorongan yang bersifat naluriah yang termuat dalam gen mereka. Sementara yang membedakan manusia dari makhluk lainnya adalah kemampuan manusia dalam hal pengetahuan dan perasaan. Pengetahuan manusia jauh lebih berkembang daripada pengetahuan makhluk lainnya, sementara melalui perasaan manusia mengembangkan eksistensi kemanusiaannya.

HAKIKAT KEBUDAYAAN
Kebudayaan sering kali dipahami dengan pengertian yang tidak tepat. Beberapa ahli ilmu sosial telah berusaha merumuskan berbagai definisi tentang kebudayaan dalam rangka memberikan pengertian yang benar tentang apa yang dimaksud dengan kebudayaan tersebut.
Akan tetapi ternyata definisi-definisi tersebut tetap saja kurang memuaskan. Terdapat dua aliran pemikiran yang berusaha memberikan kerangka bagi pemahaman tentang pengertian kebudayaan ini, yaitu aliran ideasional dan aliran behaviorisme/materialisme. Dari berbagai definisi yang telah dibuat tersebut, Koentjaraningrat berusaha merangkum pengertian kebudayaan dalam tiga wujudnya, yaitu kebudayaan sebagai wujud cultural system, social system, dan artifact.
Kebudayaan sendiri disusun atas beberapa komponen yaitu komponen yang bersifat kognitif, normatif, dan material. Dalam memandang kebudayaan, orang sering kali terjebak dalam sifat chauvinisme yaitu membanggakan kebudayaannya sendiri dan menganggap rendah kebudayaan lain. Seharusnya dalam memahami kebudayaan kita berpegangan pada sifat-sifat kebudayaan yang variatif, relatif, universal, dan counterculture.

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
Antara manusia dan kebudayaan terjalin hubungan yang sangat erat, sebagaimana yang diungkapkan oleh Dick Hartoko bahwa manusia menjadi manusia merupakan kebudayaan.
Hampir semua tindakan manusia itu merupakan kebudayaan. Hanya tindakan yang sifatnya naluriah saja yang bukan merupakan kebudayaan, tetapi tindakan demikian prosentasenya sangat kecil. Tindakan yang berupa kebudayaan tersebut dibiasakan dengan cara belajar. Terdapat beberapa proses belajar kebudayaan yaitu proses internalisasi, sosialisasi dan enkulturasi.
Selanjutnya hubungan antara manusia dengan kebudayaan juga dapat dilihat dari kedudukan manusia tersebut terhadap kebudayaan. Manusia mempunyai empat kedudukan terhadap kebudayaan yaitu sebagai 1) penganut kebudayaan, 2) pembawa kebudayaan, 3) manipulator kebudayaan, dan 4) pencipta kebudayaan.
Pembentukan kebudayaan dikarenakan manusia dihadapkan pada persoalan yang meminta pemecahan dan penyelesaian. Dalam rangka survive maka manusia harus mampu memenuhi apa yang menjadi kebutuhannya sehingga manusia melakukan berbagai cara.
Hal yang dilakukan oleh manusia inilah kebudayaan. Kebudayaan yang digunakan manusia dalam menyelesaikan masalah-masalahnya bisa kita sebut sebagai way of life, yang digunakan individu sebagai pedoman dalam bertingkah laku.

PENGERTIAN KASIH SAYANG, CINTA KEMESRAAN DAN PEMUJAAN
Kasih sayang, dan cinta merupakan milik semua orang. Manifestasi dari kasih sayang dan cinta dapat menciptakan lingkungan yang tenteram. Karena setiap individu menyadari makna yang paling hakiki dari rasa kasih sayang dan cinta. Dengan kasih sayang kita akan selalu menghargai karya orang lain.
Dengan cinta kita selalu menjaga lingkungan yang harmonis. Lingkungan yang harmonis berarti lingkungan yang berimbang dan jauh dari perusakan. Kemesraan merupakan perwujudan kasih sayang yang mendalam. Kemesraan dapat menimbulkan daya kreativitas manusia, yang berwujud bentuk seni. Bentuk seni dapat berbentuk seni rupa, seni pahat, seni sastra, seni suara. Pemujaan merupakan perwujudan cinta manusia kepada Tuhan. Kecintaan kepada Tuhan ini oleh manusia di antaranya diwujudkan dalam bentuk-bentuk pemujaan atau yang lebih kita kenal sebagai tempat beribadah.

MANUSIA DAN KEINDAHAN
Merenung artinya secara diam-diam memikirkan sesuatu hal kejadian dengan mendalam. Renungan adalah pembicaraan diri kita sendiri atau pembicaraan dalam hati kita tentang suatu hal.
Setiap kegiatan untuk merenungkan atau mengevaluasi pengetahuan yang telah dimiliki disebut dengan berfilsafat. Jadi berfilsafat adalah terjadinya proses pembicaraan, evaluasi dengan hati kita sendiri mengenai suatu peristiwa. Contoh hasil renungan yang menghasilkan pengetahuan yaitu Newton dengan gaya gravitasinya.
Keindahan adalah suatu susunan keserasian yang dapat menciptakan kesenangan bagi penglihatan dan pendengaran. Kehalusan merupakan sikap yang lembut dalam menghadapi orang lain. Lembut dalam mengucapkan kata-kata, lembut dalam sikap anggota badan. Sikap halus dan lembut merupakan cermin hati yang tulus serta cinta kasih terhadap sesama.

KEGELISAHAAN
Berbicara tentang manusia, berarti berbicara pula tentang media tempat manusia hidup. Media tempat manusia hidup adalah dunia. Untuk bisa memahami hakikat manusia maka harus pula memahami hakikat dunia dan hakikat kehidupan manusia di dunia.
Konsep yang dapat digunakan untuk memahami hal itu adalah konsep kosmologi, yaitu bagaimana manusia harus mengembangkan sikap hidupnya sehubungan dengan kedudukannya sebagai mikrokosmos.
Konsep yang lainnya adalah konsep ‘mendiami dunia’ sebagaimana yang dikemukakan oleh Huijbers.
Pada dasarnya konsep mendiami dunia mengandung arti pemenuhan kebutuhan atas aspek-aspek yang membentuk manusia.
Kesadaran manusia akan hakikatnya sebagai bagian dari kosmologi dan perannya sebagai mahluk yang ‘mendiami dunia’ maka lahirlah beberapa konsep yang dipakainya sebagai dasar manusia hidup.
Konsep-konsep tersebut adalah hidup sekedarnya, takdir, dan cakra manggilingan.
Apabila manusia tidak bisa menjaga hakikat dirinya dan hakikat hidupnya maka yang timbul adalah kegelisahan. Sumber dari kegelisahan adalah hawa nafsu dan sikap pamrih (tidak ikhlas).
Kedua hal ini akan menyebabkan munculnya sikap keserakahan dan konflik. Keserakahan dan konflik akan memunculkan ketakutan, kekecewaan, dan pada akhirnya adalah kegelisahan

PENDERITAAN
Terdapat berbagai alasan yang dapat mengakibatkan penderitaan, yaitu alasan fisik dan alasan moral.
Di samping itu penderitaan sebenarnya merupakan kelanjutan dari kegelisahan, artinya kegelisahan yang tidak bisa dikendalikan akan mengakibatkan penderitaan.
Selain kegelisahan, penderitaan juga disebabkan karena kekecewaan, yaitu apa yang diharapkan ternyata tidak diperoleh. Jadi penderitaan juga berhubungan dengan pamrih. Penderitaan juga berhubungan dengan ketakutan. Orang yang selalu merasa takut akan hidup menderita. Penderitaan yang menimpa hidup manusia banyak berhubungan dengan ‘daya hidup’ yang menjelma menjadi hawa nafsu.
Terdapat berbagai daya hidup yaitu daya hidup raewani, nabati, haewani, jasmani, rohani, rohmani, dan robbani. Daya hidup ini akan berpengaruh terhadap tingkat kesempurnaan hidup manusia yaitu tingkat An Nafs al Ammarah, al Lawwamah, al Mulhima, al Qana’ah, al Mut’mainnah, al Radiyah, dan al Kamilah. Untuk bisa menuju kesempurnaan hidup di mana hidup sudah tidak mengenal lagi kegelisahan dan penderitaan maka orang harus melakukan olah batin. Olah batin tersebut adalah dalam rangka menghilangkan nafsu dan pamrih. Terdapat olah batin yang harus diikuti supaya kesempurnaan jiwa dapat dicapai, yaitu mengembangkan sikap selalu instrospeksi, sabar, nrimo, dan ikhlas.


Sumber Buku Ilmu Budaya Dasar Karya Yulia Budiwati dkk





UNP KEDIRI TEKNIK INFORMATIKA unp-kediri.blogspot.com
BACA SELENGKAPNYA >>>>

Minggu, 13 Maret 2011

Hacker Jepang Pakai Komik Porno Untuk Menyebarkan Virus

Polisi Jepang telah menangkap dua orang yang dituduh menyebarkan virus jahat malware ke sejumlah komputer. Melalui malware tersebut mereka mencuri informasi pribadi dan mengancamnya akan mempostingnya di Internet.

Menurut peneliti keamanan Sophos Graham Cluley, duo penjahat ini menghubungi
korban yang terjebak dan menawarkan untuk menghapus data pribadi mereka dari Internet dengan biaya besar. Jika tidak, mereka mengancam akan membeberkan informasi mereka ke dunia maya

"Malware tersebut dilaporkan menyebar melalui situs berbagi file Winny, yang disusupkan melalui game Hentai bertema dewasa. Setelah menginstal program,
korban diminta untuk memasukkan nama mereka, tanggal lahir, rincian kontak
dan informasi pribadi lainnya , "kata Cluley.

"Pada saat yang sama, informasi seperti bookmark browser langsung dicuri dari komputer pengguna. Pada titik ini pengguna mungkin tidak menyadari apa pun tak hal yang menimpa mereka, sampai kemudian mereka menerima email. Mereka meminta biaya yang akan dibayarkarena mereka memiliki informasi sensitif yang dihapus,
" tambahnya.

Pemerasan ini sendiri oleh geng cyber Jepang yang bernama "name to shame"
di mana mereka menginstal malware ke dalam aplikasi game porno dan Hentai,
kemudian mengancam pengguna yang membayar demi menjaga nama baik mereka.

Setelah mendapat informasi yang dibutuhkan, data tersebut digunakan
oleh penjahat untuk memeras mulai dari 1.500 yen, atau sekira USD16,
korban pun dijanjikan untuk dihapus informasinya.

Menurut laporan di media Jepang, 5.500 orang di daerah Nagasaki
sendiri telah mengakui bahwa mereka men-download file berbahaya.
Satu dilaporkan adalah kepala sekolah.

UNP KEDIRI TEKNIK INFORMATIKA unp-kediri.blogspot.com
BACA SELENGKAPNYA >>>>

Forber Rilis 14 Orang Terkaya di Indonesia

Tahun ini, dua bersaudara pewaris perusahaan Djarum masih menjadi orang terkaya di Indonesia. Berdasarkan 2011 Billionaires List yang dikeluarkan Forbes, Rabu lalu (9/3/2011) waktu setempat, posisi ke-1 dan ke-2 orang terkaya di Indonesia ditempati Budi Hartono dan Michael Hartono. Mereka sama-sama memiliki harta senilai 5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 45 triliun (kurs Rp 9.000 per dollar AS). Keduanya berada di posisi ke-208 dari 1.210 orang terkaya sejagat.

Dibanding dari kepulan asap rokok Djarum, pundi-pundi kekayaan mereka sebagian besar berasal dari Bank Central Asia. Selain itu, mereka juga menguasai perkebunan sawit seluas 65.000 hektar di Kalimantan Barat sejak tahun 2008. Keduanya juga memiliki properti Grand Indonesia. Djarum yang sudah dilarang di Amerika Serikat sejak 2009 bersama sejumlah rokok kretek lainnya meluncurkan Dos Hermanos, sebuah cerutu premium hasil racikan tembakau Indonesia dan Brasil.

Di posisi ketiga orang terkaya di Indonesia atau urutan ke-304 dunia ada Low Tuck Kwong dengan kekayaaan senilai 3,6 miliar dollar AS. Mesin uang pria berusia 62 tahun ini berasal dari Bayan Resources. Saham perusahaan tambang ini sudah meningkat tiga kali lipat dibanding saat IPO tahun 2008. Belum lama ini Bayan mengeluarkan 270 juta dollar AS untuk mengakuisisi tambang Australia. Pria kelahiran Singapura ini pindah ke Indonesia tahun 1972. Ia juga memiliki saham di Manhattan Resources dan Singapore HealthPartners.

Tempat keempat (ke-420 dunia) diduduki Martua Sitorus dengan kekayaan 2,7 miliar dollar AS. Pria yang bertempat tinggal di Singapura ini memiliki Wilmar International, perusahaan penghasil minyak sawit nomor satu dunia.

Berikut urutan lengkap WNI yang masuk ke dalam daftar orang terkaya 2011 versi Forbes:

5. (488) Peter Sondakh (Grup Rajawali), kekayaan 2,4 miliar dollar AS.
6. (564) Sri Prakash Lohia (Indorama), kekayaan 2,1 miliar dollar AS.
7. (595) Kiki Barki (Harum Energy), kekayaan 2 miliar dollar AS.
8. (651) Sukanto Tanoto (Raja Garuda Emas), kekayaan 1,9 dollar AS.
9. (782) Edwin Soeryadjaya (Saratoga), kekayaan 1,6 miliar dollar AS.
10. (833) Garibaldi Thohir (Adaro Energy), kekayaan 1,5 miliar dollar AS.
11. (938) Theodore Rachmat (Adaro Energy), kekayaan 1,3 miliar dollar AS.
12. (1057) Chairul Tanjung (Para Group), kekayaan 1,1 miliar dollar AS.
13. (1057) Murdaya Poo (Metropolitan Kentjana), kekayaan 1,1 miliar dollar AS.
14. (1140) Benny Subianto (Adaro Energy), kekayaan 1 miliar dollar AS.

10 Orang Terkaya Sejagat 2011

Taipan asal Meksiko, Carlos Slim Helu, tahun ini tetap menjadi orang terkaya di dunia. Kekayaan konglomerat telekomunikasi ini bertambah 20,5 miliar dollar AS dibandingkan tahun lalu menjadi 74 miliar dollar AS sehingga berada di pucuk orang terkaya sedunia berdasarkan daftar 2011 Billionaires List yang dikeluarkan Forbes, Rabu (9/3/2011) waktu setempat.

Pendiri Microsoft, Bill Gates, dan pemilik Berkshire Hathaway, Warren Buffet, yang hartanya "hanya" bertambah 3 miliar dollar AS harus puas berada di posis kedua dan ketiga dengan masing-masing nilai kekayaan sebesar 56 miliar dollar AS dan 50 miliar dollar AS.

Yang menarik, 70 persen sumber kekayaan Gates ternyata bukan dari Microsoft, melainkan dari hasil investasi di Meksiko. Gates berinvestasi di pasar saham, perusahaan minuman ringan Femsa dan Grupo Televisa di negeri tersebut.

Posisi keempat ditempati pria Perancis sekaligus orang terkaya di Eropa, Bernard Arnault, yang mempunyai harta senilai 41 miliar dollar AS. Harta Arnault melonjak 13,5 miliar dollar AS berkat kepemilikan sahamnya di perusahaan produk-produk mewah Louis Vuitton Moet Hennessy (LVMH).

Di posisi kelima ada Larry Ellison, pendiri perusahaan Oracle, dengan kekayaan 39,5 miliar dollar AS. Di urutan keenam adalah Lakshmi Mittal, konglomerat baja India dengan nilai 31,1 miliar dollar AS.

Adapun Amancio Ortega dari Spanyol dengan kekayaan 31 miliar dollar AS menduduki posisi tujuh, kedelapan Eiko Batista dari Brasil (30 miliar dollar AS), kesembilan Mukesh Ambani dari India (27 miliar dollar AS), dan di posisi 10 ditempati pemilik ritel raksasa Walmart Keluarga Christy Walton dengan harta 26,5 miliar dollar AS.

Pada tahun ke-25 ini, Billionaires List memecahkan dua rekor, yakni dari segi jumlah miliarder yang terdaftar dengan 1.210 orang dan nilai kekayaan yang mencapai 4,5 triliun dollar AS. (kompas)


UNP KEDIRI TEKNIK INFORMATIKA unp-kediri.blogspot.com
BACA SELENGKAPNYA >>>>